Jumat, 09 Desember 2011

SEJARAH TEMBOK BESAR CINA


                                                        TEMBOK BESAR CINA

Dibangun pada masa Dinasti Qin, Han, dan Dinasti Ming.
-          Pra Dinasti Qin dilakukan zaman musim semi dan musim gugur (722 SM-418 SM) dan zaman Negara Perang  (453 SM-221 SM) untuk menahan serangan musuh suku-suku dari utara Cina.
-          Dinasti Qin tahun 220 SM di bawah kaisar Qin Shi Huang, Jenderal Meng Tian mengumpulkan sebanyak 300 ribu pekerjauntuk menyambungkan tembok-tembok sebelumnya dalam jangka waktu 9 tahun
-          Dinasti Han tahun 127 SM, saat kaisar Han Wudi berkuasa (140 SM-87 SM) proyek renovasi dan pembangunan bagian-bagian tembok lainya dan di laksanakan selama 20 tahun. Menambah panjang tembok mendaji 1000 km.Berfungsi sebagai pelindung kawasan barat dari bangs Hun yang  mengancam rakyat Cina.Tahun 39 M,atas perintah Jenderel Guang Mudi, enderal Macheng memulai kembali proyek pembangunan.
-          Dinasti Ming tahun (1368-1644)setelah menaklukan bangsa Mongol raksasa dari periode sebelumnya dikonstruksikan kembali,dengan catatan panjang 5650 km pada masa ini tembok besar Cina dibagi dalam 9 distrik militer.
Arsitektur Tembok Besar Cina
-          Menara Suar
Digunakan untuk meyampaikan pesan militer dengan cara membuat sinyal asap pada waktu siang hari dan sinyal api pada malam hari.
-          Pintu Gerbang atau Celah
*      Chenqiang (tembok pertahanan) dengan tinggi maksimal 10 meter Bagiian luar terbuat dari batu bata besar/ batu granit, bagian dalam terbuat dari tanah kuning/ campuran batu-batu kerikil. Diatas tembok dapat dilalui penunggang kuda,disisi tembok terdapat tembok pelindung berbentuk persegi sebagai tempat untuk mengawasi dan berlindung.
*      Chenglou/ menara gerbang pintu untuk keluar masuk perbatasan, sebagai tempat keluarnya pasukan saat menyerang musuh.
*      Wangcheng adalah tembok kecil di luar tembok besar yang berfungsi sebagai pelindung pintu gerbang.
*      Luocheng adalah tembok kedua untuk melindungi wacheng.
*      Parit dan saluran air untuk memperlambat gerakan musuh,memberi kesempatan untuk menyerang dengan cepat.
-        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar